Tak dipungkiri 2017 merupakan tahun gemilang bagi perkembangan industri smartphone, dan konsumen pun turut dimanjakan. Karena cukup banyak ponsel yang meluncur ke pasar Indonesia dibanderol dengan harga terjangkau, berspesifikasi mumpuni dan memiliki tampilan fisik premium.

Sajian menarik perkembangan smartphone ini pasti akan berlanjut pada 2018, para pabrikan smartphone global nampaknya juga sudah ancang-ancang untuk kembali mengeluarkan produk andalnya.

Bahkan, terkait produk-produk teranyar yang kabarnya bakal rilis di tahun baru ini, isu kemunculannya beberapa sudah ramai diperbincangkan sejak pertengahan 2017. Itu artinya, para vendor sudah menyiapkan ai???amunisiai??i?? untuk meramaikan pasar ponsel pada 2018.

Berikut merupakan deretan smartphone anyar yang dikabarkan siap meluncur pada 2018.

1. Huawei P11

Huawei terus berusaha memberikan kualitas yang terbaik untuk jajaran smartphone, khususnya seri flagship. Dalam laporan, pabrikan ponsel asal Tiongkok ini telah meningkatkan kualitas untuk kamera smartphone flagship tahun depan yaitu P11.

Dilansir GSM Arena, Huawei diketahui akan memasang tiga lensa kamera belakang untuk P11 dengan sensor 40MP. Kehadiran tiga kamera belakang ini merupakan upaya Huawei untuk berada di level lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada 2017.

Efek dari keberadaan tiga kamera itu, Huawei P11 nantinya akan mampu melakukan 5 kali hybrid zooming. Untuk kamera depan, Huawei membekalinya dengan resolusi 24MP dengan fitur low light enhancement.

Selain itu teknologi kamera yang menggunakan optik Leica pada kamera utama P11 diyakini mampu membuat smartphone tersebut menangkap cahaya 100 persen lebih banyak. Selain itu, Pro Night Mode bisa membuat pengambilan gambar pada malam hari menjadi lebih mudah tanpa tripod.

Keunggulan lainnya P11 dikabarkan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) agar aplikasi kamera bisa mengenali objek lebih cepat dan melakukan auto framing.

2. OnePlus 6

Dilansir dari website GizmoChina, OnePlus 6 dilaporkan akan rilis pada akhir Maret 2018 dan membawa terobosan teknologi pada smartphone yang cukup diperhitungkan yaitu adanya pemindai sidik jari pada layar yang diusung flagship besutan OnePlus tersebut.

Teknologi pemindai sidik jari pada layar ini adalah teknologi yang dikejar-kejar para produsen smartphone, termasuk Samsung yang pada akhirnya mengusung fingerprint sensor di belakang perangkat.

Teknologi ini sendiri dikabarkan diciptakan perusahaan Synaptics yang baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi massal dari sensor sidik jari di dalam layar. Santer terdengar bahwa Apple menjadi salah satu OEM yang bekerjasama dengan Synaptics.

3. LG G7

Kabar LG G7 akan meluncur pada 2018 diketahui dari sebuah paten LG yang bocor di internet. Berdasarkan informasi, perusahaan asal Negeri Ginseng itu sedang menyiapkan pemindai iris mata yang canggih untuk G7, yang diyakini akan menjadi smartphone flagship-nya pada 2018.

Adapun fitur pemindai iris mata tersebut tidak hanya berfungsi untuk mengunci dan membuka perangkat, tapi juga melindungi berbagai informasi sensitif di dalamnya.

Teknologi tersebut secara kinerja dapat mengenali karakteristik biometrik mata, kemudian membuat pengaturan pencahayaan karena ukurannya yang dapat berubah tergantung seberapa banyak cahaya yang masuk.

Setelah itu, sensor akan memeriksa apa yang dilihat pengguna dan jika Anda adalah pemilik ponsel tersebut, maka perangkat tersebut akan terbuka. Dilansir dari GSM Arena pada umumnya pemindai iris mata biasanya bekerja dengan cahaya inframerah. Namun, LG mengembangkan kamera yang bisa beralih dari inframerah. Hal ini berarti, kemungkinan akan ada sedikit sensor dan kamera di bagian depan ponsel, sehingga bezel bagian atas bisa berukuran semakin kecil.

4. Nokia 9

Belakangan ini beredar rumor terkait kemunculan ponsel penerus Nokia 8 yang diduga bernama Nokia 9. Rumor ini pun makin menguat dengan munculnya informasi Nokia 9 di situs Federal Communications Commission (FCC) atau lembaga independen yang didirikan pemerintah AS.

Dikutip dari Ubergizmo, di situs FCC terkuak spesifikasi yang diduga milik Nokia 9, seperti penggunaan layar 5,5 inch, ROM 128 GB, dan baterai berkapasitas 3.250 mAh. Bahkan perangkat ini disebut menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835.

Tak hanya itu, adapula informasi seputar kamera, di mana perangkat tersebut hadir dengan dual camera 13 MP + 12 MP. Sementara kamera depannya 5 MP. Perangkat ini pun disebut hadir dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo.

5. Samsung Galaxy S9

Dari rumor yang beredar, Samsung Galaxy S9 akan rilis di awal 2018, bahkan dikabarkan The Bell, ponsel premium ini akan rilis pada 25 Februari 2018 sehari sebelum pembukaan Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona pada 26 Februari-1 Maret 2018.

Rumor lainnya, Galaxy S9 akan meluncur berbarengan dengan Galaxy S9 Plus. Kedua ponsel tersebut memiliki ukuran layar berbeda. Galaxy S9 plus memiliki besaran layar 6,1 inci, sementara Galaxy S9 5,8 inci. Sebelumnya, beredar bocoran bahwa Galaxy S9 Plus akan menjadi ponsel ketiga Samsung yang menggunakan kamera ganda.

Sisanya, kedua varian itu akan memiliki spesifikasi mirip. Yang jelas, prosesor yang akan digunakan adalah Exynoss 9810 besutan Samsung atau Qualcomm Snapdragon 845.

Meskipun berbagai informasi mengenai Galaxy S9 telah bermunculan di dunia maya, termasuk soal spesifikasi dan prediksi peluncurannya. Namun, perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut masih bungkam karena enggan mengomentari berbagai rumor mengenai produk yang belum diumumkan.

6. Xiaomi Mi MIX 3

Penerus generasi Xiaomi Mi Max 2 yang rilis pada Juni 2017 dikabarkan akan meluncur pada 2018 tepatnya Juni, yaitu Mi Max 3. Rumor kemunculannya juga sudah beredar di internet, dilansir dari Phone Arena, resolusi layar yang diusung sedikit mengalami peningkatan, di mana menggunakan resolusi FHD+ (1080 x 2160 pixels), ini dikarenakan rasio layarnya mengikuti tren zaman sekarang yaitu 18:9. Itu sebabnya pula panel pinggirannya dibuat lebih tipis dari generasi sebelumnya.

Tak cuma layarnya yang membesar, kapasitas baterainya pun dikabarkan memiliki kapasitas 5.500 mAh. Sebelumnya, di Mi Max 2 kapasitas baterainya 5.000 mAh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here